Laporan Kunjungan PT.BANTEX

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
PT. BINO MITRA SEJATI
JL. Olympic Raya Blok A8-9, Sentul
                            Telp : (021)8757468      
Email : info@bantex.co.id
Disusun Oleh :
Alessandra Hana D
X OTKP 2
SMK STRADA BUDI LUHUR
JL. Ir. H. Juanda 164
Bekasi, 17113
2018/2019

DAFTAR ISI
Kata pengantar....................................................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN......................................................................................................... 3
a.    Latar belakang............................................................................................................. 3
b.    Profil perusahaan........................................................................................................ 4
c.    Tujuan Kunjungan..................................................................................... ................ 5                             ..........................................................................................................................................                              ........................................................................................................................................ 5     5         
BAB II PELAKSANAAN........................................................................................ ................ 6    
BAB III PENUTUP.................................................................................................. .............. 11    
a.    Kesimpulan ............................................................................................................... 11
b.    Saran........................................................................................................................... 11



Kata Pengantar
          Puji dan syukur kami panjatkan kepada tuhan maha esa karna atas berkatnya dan kasihnya saya bisa membuat laporan tentang kunjungan ke PT.Bino Mitra Sejati bersama siswa/I kelas 10. Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 9 Januari 2018.
            Laporan ditulis untuk menceritakan pelaksanaan kegiatan yang terjadi di PT.Batara Index bersama Siswa/I Kelas X SMK Strada Budi Luhur Bekasi. Dan tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang peralatan-peralatan kantor.

Bekasi, 19 Januari 2018
                                                                   
                                                                         Alessandra Hana D



Bab 1
(Pendahuluan)
1.1       LATAR BELAKANG
Pada dasarnya,Semua siswa/I ingin selalu menambah pengetahuan dan wawasan di masa perkembangan era globalisasiini. Salah satunya dengan cara melalui kunjungan industri.
Disini saya mengunjungi PT.Bino Mitra Sejati yang berlokasi di Jl. Olympic Raya Blok A8-9 Kawasan industry Sentul, Bogor, Jawa Barat 16810. Saya dapat mengetahui proses pembuatan produk-produk yang dibuat oleh perusahaan tersebut.
Selain itu dengan diadakanya kegiatan industri ini diharapkan siswa/I mengetahui lebih jauh bagaimana sebenernya dunia usaha atau dunia industry dijalanakan.
1.2       PROFIL PERUSAHAAN
PT. Batara Indah didirikan sejak tahun 1986 sebagai pabrikan dan perusahaan perdagangan dalam bidang peralatan kantor. PT. Batara Indah memiliki lisensi untuk memproduksi peralatan kantor bermutu tinggi dengan merek Bantex. Bantex merupakan sebuah merek peralatan kantor yang sangat terkenal di Eropa. Mereka memiliki pabrik sendiri dan telah memberikan lisensi untuk mendistribusi dan memproduksi produk-produk mereka dengan merek Bantex kepada distributor yang berada di lebih dari 70 negara yang tersebar di enam benua, termasuk PT. Batara Indah di Indonesia.
Perusahaan ini telah mengadakan penyempurnaan yang berkesinambungan dalam mutu produk dan sistem distribusi yang memungkinkan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggan. Agar dapat mendiferensiasiakan produk ini dengan produk pesaing dan agar dapat lebih fokus dalam bisnis , PT. Batara Indah telah memakai satu akronim baru, yaituBINO yang merupakan singkatan dari Batara Indah Office Products. Akronim baru ini akan meningkatkan citra korporat  sebagai perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam memproduksi dan mendistribusi peralatan kantor yang bermutu tinggi. Kebijakan manajemen BINO tetap tidak berubah sesuai dengan mottonya yaitu Mutu dan Pelayanan adalah Komitmen Kami.
1.3       TUJUAN KUNJUNGAN INDUSTRI
Dengan diadakanya kunjungan industry bertujuan untuk:
1.    Untuk menambah wawasan tentang alat-alat kantor
2.    Untuk mengetahui proses pembuatan alat-alat kantor
3.    Untuk memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.




Bab 2
(Pelaksanaan)
          Pada hari selasa tanggal 9 Januari 2018,Siswa/i SMK Strada Budi Luhur melaksanakan Kunjungan industri yang di ikuti seluruh kelas 10 jurusan OTKP ataupun AKL. Kami kumpul di halaman TK Strada Budi Luhur pada jam 5.30. Kami berangkat menggunakan yang telah disewakan oleh sekolah sebanyak 3 bis. Perjalanan kami diawali dengan doa bersama dan setelah itu kami diberi snack untuk sarapan. Perjalanan kami di isi dengan bernyanyi bersama dan tidur dan kami sampai di perusahaan pada jam 7.10 dan kami menunggu sampai perusahaan dibuka yaitu jam 8 dan kami sambil menunggu melakukan foto bersama dan ngobrol. Setelah perusahaan dibuka kami dikenalkan oleh pembicara bernama andi wijaya dan kami dikenalkan kepada produk-produk perusahaan. Berikut produk-produk yang dimiliki oleh PT.Bino Mitra Wijaya:
1.      Map ( folder )
Map arsip adalah semacam map tetapi tidak dengan daun penutup. Pada folder terdapat tab yaitu bagian yang menonjol pada sisi atas untuk menempatkan title file yang bersangkutan. Lipatan pada dasar folder dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menambah daya muat dokumen. Folder biasanya berukuran panjang 35 cm, lebar 24 cm, tab nya berukuran panjang 8-9 cm, lebar 2 cm.


2.      Penunjuk ( Guide )
Guide yaitu lembaran kertas tebal atau karton yang digunakan sebagai penunjuk dan atau sekat/pemisah dalam penyimpanan arsip. Tab berguna untuk menempatkan atau mencantumkan tilte dan atau kode klasifikasi, dan disusun secara berdiri.
3.      Lemari Arsip ( Filing Cabinet )
Filing Cabinet ini dipergunakan untuk menyimpan folder yang telah berisi lembaran-lembaran arsip bersama guide.
4.      Kotak ( Box )
Alat ini terbuat dari kertas tebal (karton) bertutup, dipergunakan untuk pengganti filing cabinet bagi arsip-arsip in aktif di tempat penata arsip pusat. Arsip yang disimpan di dalam kotak terlebih dahulu di simpan di dalam folder. selanjutnya kotak ini akan ditampatkan pada rak arsip.



5.      Perforator
Perforator adalah alat untuk melubangi kertas/ kartu
6.      Ordner
Ordner adalah map besar dengan ukuran punggung sekitar 5 cm yang didalamnya terdapat besi penjepit. Arsip yang akan disimpan terlebih dahulu dilubangi dengan menggunakanperforator.

7.      Stapler
Stapler adalah alat yang digunakan untuk menyatukan sejumlah kertas. Stapler digerakkan dengan menggunakan tenaga manusia. Cara kerja dan komponennya mekanik, serta baru berfungsi apabila diisi dengan staples. Stapler dan staples terbuat dari bahan logam sehungga cukup kuat. Sedangkan alat untuk melepas staples dinamakan staples remover.
           
dan lain sebagainya masih banyak macam-macam alat kantor yang diproduksi diperusahaan tersebut. Acara penutupan di lakukan di ruang auditorium pada pukul 11.30 siang, pihak sekolah berterima kasih karena telah diizinkan mengunjungi PT Batara Indah dengan memberikan cendera mata kepada PT Batara Indah, begitu pula juga dengan PT Batara Indah memberikan doodie bag kepada sekolah kami. Lalu kami pun bersiap-siap untuk pulang sebelum pulang kami pun berdoa bersama, lalu kami keluar satu per satu dan bersalaman dengan pihak perusahaan dan kami pun menerima makan siang dari sekolah dan juga mendapatkan kue box yang sudah disiapkan PT Batara Indah untuk kami, lalu kami semua masuk ke bis masing masing yang sudah di tentukan. Namun , sebelum kami pulang menuju sekolah kami berkunjung sebentar ke tempat wisata yang bernama Ah Poong untuk berfoto foto sebentar, kami diberikan waktu satu jam untuk berjalan-jalan. Lalu semua siswa dan para guru berjalan jalan ke dalam dan banyak siswa bersama teman-temannya mengambil foto, ada juga yang membeli makanan,minuman dll, ada juga yang bermain perahu di danau. Lalu satu jam pun berlalu, lalu kami semua kembali ke bus kami masing masing. Kami pun sampai di sekolah kurang lebih 14.30 siang, lalu semua siswa bergegas untuk kembali kerumah masing-masing.



BAB 3
(Penutupan)
Kesimpulan
kesimpulan yang dapat diambil dari kunjungan industry adalah agar menambah pengalaman siswa serta siswa bisa mengetahui cara pembuatan beberapa alat kantor dan dapat menggunakan dengan baik nantinya. Dan agar siswa mempunyai potensi dalam dunia kerja nantinya
Saran
Berkunjung ke suatu perusahaan itu perlu dilakukan agar kita lebih mengerti dan paham tentang dunia kerja dan cara pengolahan nya dan agar menambah wawasan bagi diri kita pribadi.




Komentar

  1. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id

    BalasHapus
  2. Coin Casino Review 2021 - Games, Bonuses, Banking
    Coin Casino Review 2021. Find out which is the best casino 카지노 site to play for 인카지노 real money on! Get bonus codes & promotions to 제왕 카지노 play in our

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Simulasi Digital mengenai Komunikasi Daring Sinkron&Asinkron

Posisi Duduk yang baik saat Mengetik